Pengertian Surat

Surat merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam dunia bisnis maupun nonbisnis. Bahan yang digunakan dalam menulis surat biasanya adalah kertas tulis. Namun, kini seseorang dapat menulis dan mengirim surat melalui komputer, yang lebih dikenal dengan istilah electronic mail atau e-mail. Meskipun sekarang ini sudah muncul surat elektronik (e-mail), bukan surat yang ditulis melalui secarik kertas menjadi tidak laku atau tidak digunakan lagi.
Secara umum, surat dapat didefinisikan sebagai suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Seperti yang telah disebutkan di atas, informasi yang disampaikan dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, perintas permintaan, atau laporan. Informasi dapat ditulis dalam secarik surat, namun dapat pula secara elektronik  seperti e-mail. Hubungan yang terjadi antara pihak-pihak yang terkait sering disebut dengan istilah korespondensi (correspondence). Korespondensi atau surat-menyurat merupakan salah satu kegiatan berbahasa yang dilakukan dalam komunikasi tertulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Teori Belajar Sosial

Teori Integrasi Informasi

Ciri-Ciri Public Relations