Kamis, 10 November 2011

Pengertian Public Relations

Public Relations merupakan salah satu elemen penting dalam perusahaan yang akan turut mendukung kehidupan perusahaan. Di dalam suatu perusahaan, public relations bertugas untuk berusaha menumbuhkan dan menjaga citra baik perusahaan. Public relations berfungsi sebagai jembatan penghubung antara perusahaan, dalam hal ini manajemen perusahaan dengan publiknya baik internal maupun eksternal.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai jembatan penghubung, maka public relations harus dapat menjadi interpreter manajemen yang dapat memberikan pelayanan kepada kedua publik yaitu publik internal dan eksternal perusahaan.

PR sebagai interpreter publik, dalam hal ini bertujuan untuk menemukan apa yang benar-benar publik pikirkan tentang organisasi/perusahaan agar manajemen dengan segera dapat mengetahuinya atau public relations bekerja guna mengantisipasi secara benar perasaan publiknya. (Seitel, 1992 : 10-11)

Dalam menjalankan tugasnya, public relations membuat dan menetapkan program bagi publik sasarannya. Seperti definisi public relations dari Frank Jefkins bahwa ;
“Public relations consist of all forms of planned communication, outwards snd inwards, between an organization and its publics for the purpose of achieving specific objectives concerning mutual understanding.”

(Public relations merupakan keseluruhan bentuk komunikasi yang terencana, baik itu keluar maupun ke dalam, yakni antara suatu organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan yang specifik atas dasar adanya saling pengertian.)
(Frank Jefkins 1980).

Public relations menilai sikap publik dengan cara mengumpulkan opini dari publiknya yang merupakan tanggapan atas berbagai program yang telah di susun dan direalisasikan public relations pada publiknya. Setelah terkumpul tanggapan, maka public relations menganalisa dan mengidentifikasi program yang telah direalisasikan, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah tujuan dari program yang telah direalisasikan tersebut telah tercapai tujuannya. Hal tersebut penting dilakukan, karena melalui analisa hasil tanggapan dari publik sasaran mengenai pelaksanaan program public relations, akan diketahui program mana yang efektif dan yang tidak efektif, program mana yang berhasil, atau program mana yang tidak menimbulkan manfaat apapun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

    Blogger news

    Blogroll

    About