Psikologi Kognitif

Kognitif adalah proses mental dari persepsi, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan persoalan, dan merencanakan masa depan. Psikologi kognitif adalah ilmu mengenai kognisi.

Tujuannya adalah mengadakan eksperimen dan mewujudkan teori yang menerangkan bagaimana proses mental disusun dan berfungsi. Tetapi, penjelasannya mengharuskan teori membuat ramalan mengenai setiap kegiatan yang dapat diamati, terutama perilaku (Atkinson, 2003 :11)

Psikologi Kognitif memusatkan perhatian pada cara individu menggambarkan kejadian-kejadian tertentu dalam benaknya dan bagaimana gambaran mental ini dapat diubah dengan memberikan berbagai informasi pada orang tersebut.

Psikologi kognitif menaruh perhatian atas pertanyaan-pertanyaan yang menunjuk pada cakupan psikologi kognitif : (a) Bagaimana kita memperoleh, mentransformasikan, mempresentasikan, menyimpan, dan mendapatkan kembali suatu pengetahuan/informasi, (b) Bagaimana pengetahuan/informasi tersebut merebut perhatian kita, (c) Bagaimana kita merespon pengetahuan/informasi yang kita terima.

Kognisi merupakan proses internal ang tidak nampak. Pengetahuan (teori-teori/model-model) yang dikembangkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dibangun atas dasar asumsi-asumsi tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Teori Belajar Sosial

Teori Integrasi Informasi

Ciri-Ciri Public Relations