Kamis, 10 November 2011

Tujuan Public Relations


Menurut Frank Jefkins seperi yang di kutip oleh Neni Yulianita dalam bukunya Dasar-dasar Public Relations, menyatakan bahwa tujuan oublic relations adalah : “Meningkatkan favourable image/citra  yang baik dan mengurangi atau mengikis habis sama sekali unfavorable image/citra yang buruk terhadap organisasi tersebut.” (Yulianita, 2000:42)

Charles S. Steinberg juga menyatakan tujuan dari public relations, seperti yang dikutip oleh Neni Yulianita dalam bukunya Dasar-Dasar Public Relations, : “Menciptakan opini publik yang favourable tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh badan yang bersangkutan “ (Yulianita, 2000:42)

Penciptaan opini publik tersebut prosesnya dengan melaksanakan dan menerapkan program public relations, yang nantinya setelah dilaksanakan, maka public relations mengumpulkan tanggapan dari publiknya tentang program yang telah dilaksanakan, juga tanggapan mengenai perusahaan secara keseluruhan.

Bila mencermati kedua tujuan public relations di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada empat hal yang prinsip dari tujuan public relations, yaitu
1          Menciptakan citra yang baik
2.         Memelihara citra yang baik
3.         Meningkatkan citra yang baik
4.         Memperbaiki citra jika citra organisasi kita menurun/rusak
(Yulianita, 2000:43)

Public Relations tujuannya adalah untuk menciptakan citra yang baik bagi perusahaan. Maksudnya adalah public relations selalu berusaha menjaga image perusahaan di mata publiknya baik internal maupun eksternal agar tetap mempunyai  good image. Dengan terciptanya citra atau image yang baik maka akan timbul kepercayaan, pengertian dan bahkan saling kerja sama antara perusahaan dengan publiknya.

Citra baik yang sudah tercipta harus dipelihara oleh public relations, hal ini penting dan terjadi karena perusahaan sifatnya terus bergerak tidak statis. Maka dari itu setiap kegiatan yang dilakukan perusahaan akan memberikan efek pada publiknya. Oleh sebab itu public relations harus mengetahui hal-hal yang terjadi di perusahaan dan bagaimana dampaknya pada public, hingga public relations dapat selalu memelihara citra perusahaan di mata publiknya dengan selalu menyesuaikan dengan keadaan perusahaan.

Public relations harus  berusaha meningkatkan citra baik perusahaan di mata publiknya. Hal tersebut penting karena semakin baik citra perusahaan, maka public akan makin percaya pada perusahaan, bila ditinjau dari publik internal karyawan, maka mereka akan lebih merasa memiliki perusahaan dan hingga dapat bekerja dengan semaksimal mungkin.

Bila citra perusahaan menurun atau bahkan rusak, maka public relations harus cepat tanggap mengambil langkah untuk memperbaikinya. Public relations pertama-tama harus mencari penyebab dari menurunnya atau rusaknya citra perusahaan, lalu mengambil langkah penaggulangan, dan mencari pemecahan, dan tindakan pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar